Hati-hati, Inilah Hal-hal Yang Bisa Mengurangi Pahala Ibadah Puasa!

Hati-hati, 7 Kebiasaan Ini Bisa Mengurangi Pahala Ibadah Puasamu

Datangnya bulan Ramadhan menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim diseluruh dunia, yang tentu saja akan disambut dengan damai dan penuh suka cita. Selain harus menahan rasa lapar dan dahaga, pastinya kita juga harus menahan hawa nafsu. Menurut informasi yang didapat, ada beberapa hal yang bisa mengurangi pahala ibadah puasa di bulan Ramadhan lho! Hal-hal apa sajakah itu? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari sama-sama kita simak saja langsung paparannya di bawah ini :

  1. Membicarakan Orang Lain

Hal pertama yang bisa mengurangi pahala ibadah puasamu, yakni membicarakan orang lain alias ghibah. Meskipun kebiasaan buruk yang satu ini banyak dilakukan oleh kaum wanita, namun tak sedikit pula kaum pria yang melakukannya lho. Nah, daripada kita sibuk membicarakan kejelekan orang lain, sebaiknya kita fokuskan diri pada ibadah puasanya agar mendapatkan pahala yang berlipat-lipat. 

  1. Berkata Dusta / Bohong

Tak hanya membicarakan orang lain, ternyata berkata dusta alias bohong ini juga dapat mengurangi amalan ibadah puasa kita lho. Meskipun hanya berkata kebohongan kecil, namun hal tersebut dapat mengurangi pahala ibadah puasanya. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga lisan dan ucapan agar tidak berbohong. Selain itu, jangan sampai juga perkataan dan ucapan kita ini melukai perasaan orang lain.

  1. Bertengkar / Bermusuhan Dengan Orang Lain

Apabila ada seseorang yang membuatmu jengkel, maka usahakan agar kamu untuk berlapang dada dan memaafkannya. Pasalnya, memaafkan itu merupakan salah satu perbuatan yang paling mulia ketimbang menyimpan rasa dendam dan memusuhinya. Selain tidak ada manfaatnya, amarah yang berlebihan juga tentunya dapat mengurangi amalan ibadah puasamu. Oleh karena itu, kamu harus bersabar agar mendapatkan banyak pahala berlipat selama bulan Ramadhan. 

  1. Berbicara Kasar dan Kotor

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa dalam ajaran agama Islam itu mengharuskan umat manusia untuk menjaga lidahnya dari perkataan-perkataan yang kasar dan kotor. Namun ketika dalam keadaan marah, tak sedikit dari masyarakat kita yang mengeluarkan kata-kata kasar dan jorok. Selain tidak enak di dengar, tentu saja perkataan yang kasar dan kotor ini bisa mengurangi pahala puasamu. Ya, percuma saja kamu berpuasa menahan lapar dan haus seharian, tapi sering berbicara kasar dan kotor. 

  1. Selalu Iri Ketika Melihat Orang Lain Bahagia

Perlu kalian ketahui, bahwa iri merupakan salah satu jenis penyakit hati yang tentu saja wajib dibuang jauh-jauh dari dalam diri. Pasalnya, penyakit hati yang satu ini akan membuat hidup kita menjadi tidak bahagia lho! Tak hanya itu, penyakit iri hati juga bisa mengurangi amalan ibadah puasamu. Apabila kamu melihat orang lain bahagia, sebaiknya kamu ikut bahagia agar tidak menimbulkan rasa iri dengki. Jika pun kamu tidak bisa ikut bahagia, maka usahakan untuk tidak melihat kebahagiaan orang lain. Pada intinya, kita harus senantiasa bersyukur dengan apa yang kita punya selama ini. 

  1. Berduaan Dengan Yang Bukan Muhrim

Hal berikutnya yang dapat mengurangi pahala ibadah puasa, yakni berduaan dengan yang bukan muhrim. Bahkan yang lebih gawatnya lagi, berduaan dengan yang bukan muhrim ini bisa memicu fitnah dan dosa besar lho!

Demikianlah ulasan singkat seputar beberapa hal yang bisa mengurangi pahala ibadah puasa, sehingga bisa kamu jadikan sebagai penambah wawasan. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *