Berburu Tiket Mudik Lebaran? Simak Tips Berikut

Sebentar lagi kita akan memasuki musim libur Lebaran. Walaupun secara hitungan hari lebaran masih sebulan lagi, tetapi libur Lebaran akan dimulai sekitar tiga minggu lagi. Jadi, sudah waktunya bagi kita untuk mulai merencanakan persiapan mudik. Mulai dari menentukan tujuan mudik, mempersiapkan dana, hingga mempersiapkan tiket mudik lebaran.

Berburu tiket lebaran memang gampang-gampang susah. Gelombang arus pemudik dalam jumlah besar akan melakukan perjalanan saat memasuki musim libur Lebaran. Berebut tiket mudik Lebaran, rasanya tak dapat dihindarkan lagi. Apalagi jika moda transportasi mudik yang kita pilih adalah favorit pemudik. Tentunya perlu kerja ekstra untuk mendapatkan tiketnya. Tapi tenang saja. Ada beberapa tips agar kebagian tiket dan mendapatkan harga tiket yang lebih murah.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Kamu lakukan untuk mendapatkan tiket mudik Lebaran agar rencana mudik berjalan lancar:

  1. Tentukan Moda Transportasi

Perjalanan mudik dapat dilakukan melalui rute darat, laut, maupun udara. Pilihlah moda transportasi yang paling sesuai untuk perjalananmu. Penting diketahui, untuk jalur darat, kereta api masih menjadi pilihan favorit pemudik. Oleh sebab itu, mendapatkan tiketnya pun perlu usaha ekstra.

Tiket pesawat lebih mudah untuk didapatkan. Namun, harganya relatif lebih mahal.

Apalagi jika sudah mendekati tanggal keberangkatan. Untuk itu perlu menyiasatinya dengan memesan tiket pesawat jauh hari sebelumnya. Memilih maskapai LCC (Low Cost Carrier) juga bisa menjadi pilihan. Umumnya maskapai LCC menwarkan harga yang lebih hemat dibandingkan maskapai full service.

  1. Lakukan Pemesanan Tiket Lebih Awal

Melakukan pemesanan tiket jauh-jauh hari sebelumnya akan memungkinkan kita mendapatkan harga yang lebih hemat. Namun, sebelumnya pastikan dulu rencana keberangkatan kita. Agar kita bisa memesan tiket dengan tanggal yang tepat. Hal ini perlu agar mendekati hari-H keberangkatan, kita tidak terpaksa membatalkan tiket yang sudah dipesan karena perubahan jadwal cuti, misalnya.

Cobalah memesan tiket pada saat low season. Saat itu permintaan tiket berkurang, sehingga harga menjadi lebih murah. Sebaliknya, jika saat peak season, Kamu akan mendapatkan penawaran harga tiket yang relatif lebih mahal.

  1. Pesan Tiket Secara Online

Manfaatkan layanan pemesanan tiket online. Sebab, selain memudahkan, biasanya kita akan mendapatkan info promo tiket dengan harga lebih hemat. Namun, pastikan Kamu memesan tiket perjalanan melalui situs resmi dan terpercaya.

  1. Memesan Tiket di Malam Hari

Beberapa maskapai LCC ( Low Cost Carrier) sering merilis promo harga tiketnya pada malam hari, sekitar pukul 23.00. begitu juga dengan PT. KAI. Biasanya PT. KAI akan merilis tiket pada pukul 00.00. Namun, jika kamu tidak kebagian, lakukan pengecekan ulang di pagi hari, sekitar pukul 04.00-05.00. terkadang, ada tiket yang tersedia kembali akibat perubahan status tiket.

Memesan tiket online di malam hari akan memungkinkan Kamu kebagian tiket. Selain itu, biasanya ada kesempatan mendapatkan tiket dengan harga hemat.

  1. Cari Kursi tambahan

Beberapa maskapai penerbangan menambahakan kursi melalui extra flight saat mendekati musim mudik. Biasanya kursi tambahan ini menjadi incaran traveller.

  1. Segera Lakukan Pembayaran

Jika sudah berhasil memesan tiket perjalanan yang diinginkan, perhatikan jangka waktu pembayaran. Lakukan pembayaran sebelum jatuh tempo agar tiket tidak hangus. Untuk tiket perjalanan dengan kereta api, PT. KAI memberlakuka aturan bahwa tiket akan hangus jika tidak dilakukan pembayaran dalam satu jam.

Nah, itulah beberapa tips berburu tiket mudik Lebaran. Dengan usaha ekstra, kamu akan mendapatkan tiket sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Jangan lupa, persiapkan rencana mudikmu dengan matang agar perjalanan mudik menjadi nyaman dan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *