Saat Wanita Menjadi Single Parents Maka 3 Peran Ayah Inipun Harus Kita Gantikan

 Single parents merupakan istilah untuk orang tua tunggal atau seseorang yang hidup atau tengah membesarkan anak nya seorang diri baik itu tanpa suami atau tanpa istri. Menjadi seorang single parents itu bisa karena perceraian atau kematian. Menjadi seorang single parent bukanlah hal yang mudah. Segala sesuatu tentang anak kita baik buruknya harus kita tanggung dan atasi sendiri. Tumbuh kembang anak dan segala tentang kebutuhannya menjadi tanggungjawab kita seorang diri. Sebenarnya tak ada seorang pun yang ingin berada dalam posisi ini, namun jika kita harus berperan dalam posisi ini bagaimana ya? Ketika kita seorang wanita harus menjadi seorang single parents maka 2 peran ayah ini harus kita gantikan, yaitu :

  1. Menafkahi Anak

Saat kita ditakdirkan menjadi single parents maka kewajiban yang seharusnya dilakukan ayahnya harus kita lakukan yaitu menafkahinya. Segala kebutuhan hidup sehari harinya untuk makan, jajan, sekolahnya dan keperluan lainnya menjadi tanggung jawab kita ketika si ayah sudah tak mau menafkahinya. Tak jarang seorang ibu banting tulang setiap harinya agar anaknya bisa tetap makan dan tidak putus sekolah. Tak sedikit seorang wanita rela saat panas kepanasan dan saat hujan kehujanan hanya untuk memenuhi kebutuhan anaknya agar tidak kekurangan dan selalu berkecukupan. Saat si kecil sakit kita harus mengeluarkan uang untuk periksa ke dokter dan merawatnya sendirian sampai si kecil sembuh.

  1. Melindungi Anak

Saat anak sedih ketika diejek atau berkelahi dengan temannya maka kita yang harus menenangkanya. Membuat si kecil merasa nyaman dan aman saat bersama kita dan melindunginya saat dia merasa tak aman dan terancam. Memupuk keberanian dalam dirinya agar mampu menjaga diri ketika berada di luar sana dan mampu mengatasi dan keluar dari masalah yang dihadapinya.

  1. Mengajarkan Anak

Mengajarkan anak membaca, menulis dan berhitung menjadi tanggungjawab kita sendiri pada saat menjadi orang tua tunggal. Selain itu kita harus mengajarkan mereka bersepada, yang biasanya itu diajarkan oleh ayahnya. Dan juga karena tidak adanya pigur laki laki disamping anak kita maka kita yang harus mengajarkan bagaimana cara bermain bola dan permainan laki laki lainnya.

Itulah 3 peranan ayah yang harus dijalankan seorang wanita ketika menjadi single parents. Berikanlah selalu yang terbaik untuk anak kita meski itu harus dijalani sendirian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *