Perbedaan Skincare Pria dan Wanita

Coba Skincare Baru Jadi Jerawatan? Ini Perbedaan Purging dan Breakout

Skincare merupakan produk kecantikan yang berfungsi untuk memelihara dan menjaga kesehatan kulit wajah dari luar. Skincare tidak hanya digunakan oleh kaum wanita saja, namun kaum pria pun boleh memakainya, karena fungsi skincare sendiri untuk merawat kulit wajah. Tetapi, produk kecantikan untuk pria dan wanita tersebut ternyata memiliki perbedaannya. Pada bagian permukaan kulit, bisa saja anda menganggapnya sama, namun tekstur kulit keduanya berbeda. Lalu apa sih penyebab yang membedakan skincare untuk pria dan wanita itu berbeda? Berikut penjelasannya.

  • Perbedaan produksi minyak

Wajah pria memiliki lebih banyak pori-pori dibandingkan wanita, bahkan pori-pori wajah pria lebih besar, sehingga menghasilkan lebih banyak minyak. Produksi minyak yang lebih tinggi tersebut dapat menyebabkan kulit tampak mengkilap dan menyebabkan masalah kulit, seperti pori tersumbat, komedo dan jerawat. Oleh karena itu, produk kecantikan untuk pria dan wanita pun berbeda.

  • Perbedaan lapisan kulit

Kulit pria 25% lebih tebal karena memiliki kandungan kolagen yang lebih tinggi. Selain itu, kelenjar minyak pada kulit wajah pria lebih aktif, sehingga memungkinkan tingkat kelembapannya lebih besar dan mampu bertahan selama bertahun-tahun sampai dewasa. Proses penuaan pria lebih bertahap, sedangkan pada kulit wanita mempertahankan ketebalan dan kadar air secara konsisten sampai menopause, ketika kadar estrogen menurun yang membuat kulit wajah berubah drastis. Perbedaan struktural tersebut yang membuat kulit pria kurang sensitif dan mampu menangani kandungan yang lebih kuat. Tetapi, hal itu juga yang membuat kulit wajah pria sedikit lebih rentan berjerawat, sehingga tidak membutuhkan produk berbahan krim yang berat.

  • Kulit wajah pria tertekan karena bercukur secara rutin

Dibandingkan dengan wanita yang memiliki pertumbuhan rambut yang tidak begitu subur, seperti halnya dengan pertumbuhan rambut pada pria. Hal inilah yang membuat skincare untuk area wajah pria dan wanita berbeda. Bagi pria, rambut wajah lebih kasar, sehingga pria lebih sering bercukur untuk terlihat lebih rapi. Rata-rata, pria akan mencukur rambut di wajah sekitar 16 ribu kali dalam hidupnya. Faktanya, ketika bercukur maka kulit ikut tertekan. Karena pisau cukur dapat menghilangkan lapisan sel kulit terluar, sehingga kulit dalam terekspos. Hal tersebut yang meningkatkan sensitivitas kulit dan iritasi. Oleh karena itu, supaya masalah kulit tidak muncul, merawat kulit setelah bercukur pun merupakan hal yang penting. Anda dapat mengaplikasikan produk cream-based yang dapat melembutkan kulit dan tidak menimbulkan iritasi.

  • Perbedaan dari segi kandungan

Kebutuhan kulit pria dan wanita yang berbeda biasanya dapat diatasi dengan produk yang sesuai. Karena penurunan bertahap kadar kolagen mulai pada usia muda, sebaiknya pria mempertimbangkan penggunaan retinoid untuk memicu produksi kolagen lebih awal daripada wanita. Pada kulit wajah waanita biasanya lebih fokus pada produk pelembap daripada pria, untuk mengakali produksi sebum yang lebih rendah. Sementara itu, wanita lebih mungkin mengalami jerawat pada usia dewasa yang disebabkan karena perubahan hormon, sehingga banyak produk kecantikan wanita sering dilengkapi dengan formula yang mampu mengeksfoliasi dan menghilangkan jerawat.

  • Hidrasi kulit                

Keuntungan bagi kulit wajah pria yaitu cenderung mengalami kulit kering daripada kulit wajah wanita. Selama pubertas, pria akan mulai mengalami peningkatkan sektresi keringat. Kulit wajah pria juga memiliki pH yang lebih rendah karena asam laktat dalam keringatnya lebih banyak. Karena pria lebih mudah berkeringat dibandingkan wanita, kulitnya pun akan tampak lebih terhidrasi sepanjang waktu. Sehingga kulit wajah pria lebih mudah merawatnya dengan menggunakan pelembap bertekstur ringan.

about author

penulis

[email protected]

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *