Mengenal Asal – Usul Karya Seni Abstrak

5 Karya Seni Afghanistan yang Jarang Diketahui, Sungguh Bersolek!

            Seni merupakan sebuah karya yang dibuat atau diciptakan dari hasil kreativitas dan juga imajinasi penciptanya. Biasanya seni digunakan sebagai media untuk menggambarkan atau merepresentasikan apa yang menjadi sudut pandang dari penciptanya selama hidup di dunia. Contoh karya seni sendiri terdapat banyak sekali ragamnya seperti salah satunya lukisan wajah atau figure seseorang, patung, dan lain – lain.

            Tetapi ternyata selain jenis karya tersebut ada juga sebuah karya seni yang isinya atau konteksnya tidak menggambarkan tentang suatu objek yang ada di dunia sedikitpun. Karya seni tersebut dikenal dengan sebutan seni abstrak yang dimana pada karya seni tersebut setiap orang bebas melihat segi keindahannya dari sisi manapun.

            Menurut pengertian beberapa sejarawan karya seni abstrak adalah karya seni yang diciptakan denga menggunakan unsur – unsur seperti garis, bentuk, ataupun warna – warna yang sifatnya bebas tidak terpatok dengan bentuk apapun. Sehingga karya seni abstrak biasanya tidak memiliki sebuah fokus yang dijadikan sebagai titik acuan keindahannya.

            Karena karya seni abstrak ini memiliki hasil yang bisa dideskripsikan secara bebas, sehingga orang yang menyukai jenis karya seni inipun diberi julukan Eksperionalisme karena orang bisa dengan bebas menilai dan memberi kritikan kepada karya seni tersebut sesuai dengan penglihatan mereka.

            Selain itu bagi orang – orang yang menganut ekspresinalisme kara seni abstrak ini juga dianggap sebagai karya seni yang mahal karena karya seni tersebut hanya bisa dibuat sekali oleh para senimannya dan tidak dapat ditiru oleh siapapun. Para seniman abstrak bisa menuangkan apa saja yang ada dipikiran kedalam karya seni sesuai dengan keinginnanya.

            Sejarah seni abstrak sendiri sudah mulai dikenal sejak pertengahan abad ke 19 di Eropa barulah kemudian seni abstrak memasuki kawasan Amerika pada abad ke 20. Dengan adanya karya seni abstrak yang masuk ke dunia barat semakin menambah jenis seni yang sebelumnya hanya ada empirisme, materialisme, rasionalisme, dan realisme.

            Namun setelah masuknya aliran karya seni abstrak para seniman tersebut mulai berpindah ke karya seni abstrak karena karya seni ini dianggap lebih bebas dan tidak memiliki nilai yang mungkin disalahkan seperti karya seni lainnya. Karena karya seni abstrak ini dibuat berdasarkan pemikiran pembuatnya, jadi setiap orang juga bisa mereprensentasikan karya seni abstrak tersebu seperti apa.

            Namun meskipun karya seni abstrak ini seperti karya seni yang asal – asalan tapi sebenarnya tetap saja di setiap karya seni abstrak yang dibuat memiliki nilai ceritanya masing – masing. Hal inilah yang menjadi daya tarik karena para pecinta seni bisa belajar tentang karya seni baru, penilaian dair hasil karya seni abstrak yang lebih fleksibel juga membuat karya seni ini lebih sering diperebutkan.

            Biasanya karya seni abstrak juga memiliki ciri – ciri tersendiri diantaranya seperti objek yang dibuat berbeda dengan objek pada umumnya. Selain itu juga biasanya pada karya seni abstrak memiliki bentuk yang tidak pernah berhubungan dengan sesuatu yang pernah kita lihat di dunia secara real. Jenis warna yang digunakan pada seni abstrak juga biasanya cenderung berbeda dan sangat unik.

            Berbagai keunikan karya seni abstrak ini juga yang membuat karya seni ini memiliki nilai jual yang tinggi, karena hasil karyanya bisa di deskripsikan sesuai dengan penglihatan dan juga suasana hati tiap orang yang berbeda menjadikan karya seni abstrak memiliki nilai sendiri di setiap orang yang melihatnya.

about author

penulis

[email protected]

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *