Cara Membuat Beras Kencur

Resep Jamu Beras Kencur yang Segar dan Kaya Manfaat, Begini Caranya

Beras kencur adalah bahan alami yang memiliki banyak khasiat yang baik bagi tubuh. Khasiat beras kencur sebagai bahan utama penambah nafsu makan sudah populer di kalangan masyarakat luas. Selain itu, beras kencur juga sering dijadikan sebagai campuran untuk membuat jamu. Beras kencur termasuk dalam kategori rimpang atau akar-akaran yang merupakan tanaman obat yang dibudidayakan di Indonesia sudah sejak lama. Jamu dari beras kencur dipercaya aman dan ampuh mengobati berbagai macam masalah kesehatan dan menambah vitalitas tubuh. Berikut ini adalah manfaat-manfaat yang bisa diperoleh dari beras kencur.

  • Menambah nafsu makan

Beras kencur ini memang terkenal dengan khasiatnya sebagai penambah nafsu makan. Jamu yang mengandung beras kencur cocok dikonsumsi anak-anak yang nafsu makannya bermasalah. Mengonsumsi beras kencur secara rutin dapat meningkatkan nafsu makan anak dan stamina tubuh. Selain itu, kencur juga memiliki khasiat untuk mempertebal dinding perut. Sehingga khasiat ini cocok dikonsumsi kamu yang memiliki maag yang menyebabkan penipisan dinding perut.

  • Mengatasi flu

Beras kencur bisa mengatasi flu karena memiliki efek hangat yang dihasilkan kencur. Selain itu, efek hangat ini dapat menghilangkan rasa mual yang disebabkan oleh flu, menyembuhkan batuk, menetralkan rasa pegal, dan meringankan sakit kepala karena flu.

  • Menyembuhkan sariawan

Bahan utama kencur di beras kencur memberikan efek hangat dan sifat anti bakteri yang bisa meringankan sariawan.

  • Mengobati infeksi

Beras kencur bisa meringankan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri karena terdapat kandungan zat-zat di dalamnya yang bersifat anti bakteri.

  • Menyembuhkan diare

Sebagian kasus diare disebabkan oleh infeksi pada saluran pencernaan akibat bakteri, virus atau parasit. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika kencur mengandung zat-zat anti bakteri dan zat-zat sitotoksik. Sehingga mengonsumsi beras kencur mampu meringankan diare. Selain itu, kencur juga memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dapat membunuh bakteri dan menyembuhkan diare dengan cepat. Mengonsumsi beras kencur bisa membantu kamu untuk menghindari tubuh dari dehidrasi karena kekurangan cairan saat diare.

  • Mencegah kanker

Kencur memiliki sifat anti kanker dari kandungan p-metoksisinamat yangdapat menghambat proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler dimana hambatan pada proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler dapat mencegah terjadinya penyakit kanker.

Jamu identik dengan rasa yang tidak enak diminum karena pahit menyengat lidah. Namun jika jamu yang kamu konsumsi beras kencur atau kunyit asam, sama sekali tidak pahit. Jamu ini termasuk minuman jamu yang populer yang tidak hanya terkenal berkhasiat, namun memiliki rasa yang nikmat dengan aroma yang khas. Mengonsumsi beras kencur cocok sekali bagi kamu yang sedang terserang gejala flu atau untuk meningkatkan nafsu makan pada anak.

Tanpa harus membelinya, kamu bisa membuat beras kencur sendiri di rumah. Berikut ini cara membuat beras kencuryang bisa kamu coba di rumah.

Bahan:

  • 1500 ml air
  • 150 gram gula jawa
  • 125 gram kencur
  • 50 gram beras putih
  • 5 sdm gula pasir
  • 5 cm jahe
  • 1/2 sendok makan asam jawa

Cara membuat:

  1. Cuci beras sampai bersih, rendam dalam air selama 1 jam. Sisihkan.
  2. Asam jawa, gula pasir, gula merah, dan jahe direbus dengan air hingga mendidih. Tunggu sampai agak dingin lalu saring airnya. Sisihkan.
  3. Kencur yang masih segar dicuci bersih lalu kupas kulitnya kemudian potong-potong.
  4. Beras yang sudah direndam ditiriskan. Blender beras, kencur, dan air rebusan gula sampai halus.
  5. Saring hasil blender lalu peras ampas hingga benar-benar kering.
  6. Kamu bisa menyajikan beras kencur dengan es batu atau menyimpannya terlebih dahulu di dalam kulkas.
  7. Sebisa mungkin jangan menyimpan jamu terlalu lama melebihi sehari terutama di suhu ruangan karena akan menghasilkan buih dan rasa pengar jika disimpan terlalu lama, terutama di suhu ruangan.
about author

penulis

[email protected]

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *