Alpukat Ternyata Memiliki Banyak Jenis, Berikut Penjelasannya

main image

Alpukat merupakan salah satu buah yang sangat spesial dan terdapat berbagai kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Mengonsumsi buah alpukat setiap hari sangat disarankan banyak pakar. Apa lagi alpukat ini pun bisa juga dikonsumsi siapa saja. Baik itu mulai dari anak bayi yang di atas umur 6 bulan sampai orang dewasa bisa mengkonsumsi buah alpukat. Buah satu ini dapat membuat kamu kenyang juga sehingga sering menjadi menu diet. Dengan buah alpukat, kamu dapat mengurangi porsi saat makan dan pada akhirnya bisa mengontrol berat. Alpukat ini sendiri merupakan bahan konsumsi sehat dengan adanya kandungan protein. Ada pun berbagai jenis alpukat dengan harga alpukat yang bervariasi, berikut ini akan dijelaskan berbagai buah alpukat yang ada di Indonesia.

Alpukat Kendil

Salah satu jenis alpukat yaitu alpukat kendil yang berasal dari adanya persilangan jenis tumbuhan alpukat gunung pati dan Kendal. Ukuran alpukat kendil ini bisa dibilang sangat besar, rata-rata bobot alpukat kendil bisa hingga 1,7 atau 2 kg tiap buahnya. Selain itu, daging dari alpukat kendil mempunyai tekstur lembut dan rasanya yang manis. Kita bisa makan buah alpukat kendil langsung ketika sudah masak. Tetapi harga alpukat kendil satu ini memang tergolong cukup mahal dari pada alpukat yang lainnya.

Alpukat Wina

Jenis alpukat ini mempunyai rasa yang manis dan juga gurih. Bentuk alpukat wina cukup besar juga dengan bobot 1,3 sampai1,8 kg. Hal ini dikarenakan daging buah alpukat wina yang padat dan juga banyak. Alpukat tersebut bisa bertahan 15 hari seusai dipetik. Sementara tanaman alpukat satu ini sudah bisa dipanen dari sejak 4 atau 5 tahun. Lalu akan bisa panen terus tiap tahunnya. Pohon alpukat wina mempunyai produktivitas tinggi pada saat panen karena bisa menghasilkan hingga 100 kilo setiap pohon.

Alpukat Miki

Alpukat jenis miki bisa dibilang lebih subur jika hidup di area dataran rendah. Buah alpukat miki pun juga sudah dapat dipanen ketika usia 3 atau 4 tahun. Lebih hebatnya lagi, tanaman satu ini bisa berbuah untuk sepanjang tahun. Kita bisa mendapatkan jenis alpukat miki ini dengan cukup mudah. Jenis alpukat miki ini berukuran kecil dan kulitnya sangat tebal. Selain itu, daging buah alpukat miki berwarna kuning dan teksturnya padat. Sementara rasa dari alpukat miki ini sedikit manis. Bobot alpukat miki berkisar 300 hingga 600 gr per buahnya.

Alpukat Mentega

Alpukat satu ini dapat dibilang yang paling populer dari berbagai jenis alpukat lainnya. Hal tersebut tidak lepas karena daging buah alpukat mentega yang padat, tidak berair dan kenyal. Warna daging alpukat mentega kuning kehijauan serta bersih layaknya seperti mentega, maka dari itu dinamakan alpukat mentega. Satu buahnya biasanya memiliki bobot 500 hingga 600 gram. Alpukat mentega mengandung juga nutrisi yang bagus. Setiap buahnya, ada kadar protein sebanyak 1,37%, lemak 7,58% dan ada beberapa nutrisi menyehatkan lain. Alpukat ini sering menjadi bahan makan yang sehat oleh banyak orang. Kita juga bisa dengan menemukan alpukat mentega tersebut.

Alpukat Pluwang

Alpukat ini bisa dibilang cukup besar, bobot alpukat pluwang yang terbesarnya mencapai 2 kilo per buahnya. Alasannya karena daging buah alpukat pluwang cukup tebal serta padat, dengan ada siluet yang bentuknya seperti pepaya. Sementara rasa alpukat pluwang cukup istimewa dikarenakan alpukat pluwang tersebut mempunyai rasa gurih dan manis yang langsung bercampur ketika masuk ke mulut.

about author

penulis

[email protected]

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *