Penyakit Sipilis Disebabkan Oleh

Sifilis dapat hadir dalam satu dari empat tahap yang berbeda: primer, sekunder, laten, dan tersier, dan mungkin juga terjadi secara kongenital.  Ini disebut sebagai “peniru yang hebat” oleh Sir William Osler karena beragam presentasinya.

Sifilis primer biasanya diakibatkan oleh kontak seksual langsung dengan lesi infeksi pada orang lain. Sekitar 3 sampai 90 hari setelah paparan awal (rata-rata 21 hari) lesi kulit, disebut chancre, muncul pada titik kontak. Ini adalah klasik (40% dari waktu) suatu ulserasi kulit tunggal, tegas, tanpa rasa sakit dan tidak gatal dengan dasar bersih dan batas tajam 0,3-3,0 cm. Lesi dapat terjadi pada hampir semua bentuk. Dalam bentuk klasik, ia berkembang dari sebuah makula menjadi papula dan akhirnya mengalami erosi atau borok.

Biasanya, banyak lesi mungkin ada (~ 40%), dengan banyak lesi lebih sering terjadi ketika koinfeksi dengan HIV. Lesi bisa terasa nyeri atau lunak (30%), dan mungkin terjadi di tempat selain alat kelamin (2-7%). Obat sipilis – Lokasi yang paling umum pada wanita adalah serviks (44%), penis pria heteroseksual (99%), dan secara anonim dan dubur relatif pada pria yang berhubungan seks dengan pria (34%). Pembesaran kelenjar getah bening sering terjadi (80%) Terjadi di sekitar daerah infeksi, terjadi tujuh sampai 10 hari setelah pembentukan chancre. Lesi dapat berlangsung selama tiga sampai enam minggu tanpa perawatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *